Any, Agus Kana (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MEMBELI MAKANAN OLAHAN MEREK LOKAL MAHASISWA DI KABUPATEN SLEMAN. STIM YKPN Yogyakarta.
|
Text (Laporan Penelitian)
2. Laporan Penelitian - ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Lembar Hasil Penilaian)
2. Peer Review Analisis Faktor.pdf Download (31kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan maupun secara parsial konservatisme, kolektivisme, patriotisme dan keterbukaan terhadap budaya asing terhadap keputusan pembelian terhadap produk makanan olahan (jadi) merek lokal bagi mahasiswa yang berdomisili di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Selain itu juga ingin mengetahui bagaimana bentuk hubungan antara variabel konservatisme, kolektivisme, patriotisme dan keterbukaan terhadap budaya asing terhadap keputusan pembelian terhadap produk makanan olahan. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner untuk diisi oleh mahasiswa yang berdomisili di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Dari jumlah 150 kuesioner, 2 (dua) kuesioner diisi tidak lengkap sehingga 148 kuesioner yang dapat digunakan dalam penelitian. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan 4 variabel bebas yang terdiri dari konservatisme, kolektivisme, patriotisme dan keterbukaan terhadap budaya asing dan satu variabel terikat yakni konservatisme, kolektivisme, patriotisme dan keterbukaan terhadap keputusan pembelian terhadap produk makanan olahan. Kelima variable diwakili dengan sejumlah pertanyaan. Setiap mahasisiwa mengisi sesuai dengan pendapat masing-masing atas pertanyaan yang diajukan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa secara simultan variabel konservatisme, kolektivisme, patriotisme dan keterbukaan terhadap budaya asing berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Secara parsial hanya ariabel kolektivisme dan patriotisme berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Kolektivisme mempunayi pengaruh terbesar selanjutnya diikuti patriotisme. Variable yang perlu ditingkatkan adalah kolektivisme dan patriotisme dengan mengadakan kampanye penggunaan atau konsumsi produk merek dalam negeri atau merek lokalbkepada kaum muda. Pelaku bisnis Nasional dan/atau lokal perlu memperbaiki daya saing produknya dengan meningkatkan mutu, penampilan, kesehatan dan kesegaran produk. Selain itu juga perlu menciptakan komunikasi pemasaran yang lebih iv menonjolkan prestisnya produk lokal dari sisi lokalitasnya, keunikannya dan manfaat atau khasiatnya serta dampaknya terhadap kemajuan ekonomi negara.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | STIM YKPN Yogyakarta > Manajemen |
Depositing User: | Mr. Harish Munawar |
Date Deposited: | 11 Jun 2021 02:32 |
Last Modified: | 21 Jun 2021 02:02 |
URI: | http://repository.stimykpn.ac.id/id/eprint/57 |
Actions (login required)
View Item |